Jumat, 10 Juni 2011

Organisasi Kurikulum



BAB I
PENDAHULUAN
                                            
A.          Latar Belakang
Kebutuhan akan bimbingan sangat dipengaruhi oleh faktor : filosofis, psikologis, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, demokratisasi dalam pendidikan, dan perluasaan program pendidikan. Latar belakang filosofis berkaitan dengan pandangan tentang hakekat manusia, karena manusia memiliki potensi untuk dapat dikembangankan seoptimal mungkin. Perlu keseriusan guru bimbingan atau guru pembimbing khusus dan pihak lain yang terlibat didalamnya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi anak dalam berbagai aspek disekolah yaitu latar belakang psikologis berkaitan erat dengan proses perkembangan manusia. Implikasi dari keragaman ini ialah bahwa individu memiliki kebebasan dan kemerdekaan untuk memilih dan mengembangkan diri sesuai dengan keunikan dan potensi masing-masing tanpa menimbulkan konflik dengan lingkungannya. Diharapkan dapat berinteraksi aktif dengan lingkungannya. Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, maka timbul banyak permasalahan. Sistem pemerintahan yang semakin demokratis berdampak positif terhadap seluruh aspek kehidupan terutama untuk memperoleh pendidikan. Keadaan ini  menimbulkan masalah yang dihadapi seseorang yang terlibat  dalam kelompok campuran.
Perluasaan program pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencapai tingkat pendidikan setinggi  mungkin sesuai dengan kemampuannya.
Maka, Pelayanan bimbingan dan konseling merupakan bantuan yang memfasilitasi perkembangan peserta didik/siswa dalam menjalani pengalaman pembelajaran di sekolah. Dengan demikian usaha pelayanan bimbingan dan konseling perlu dilaksanakan secara optimal agar perkembangan peserta didik dapat memenuhi tuntutan tujuan pendidikan.

                                                                                                 

BAB II
PEMBAHASAN
Suatu program layanan bimbingan konseling akan tercipta dan terselenggara serta tercapai secara tepat dan optimal apabila memiliki suatu sistem pengelolaan yang bermutu, artinya dilakukan secara jelas, sistematis dan terarah mengenai pengorganisasian bimbingan konseling, pelaksana (personal), mekanisme kerja, pola penanganan siswa berkebutuhan khusus, sarana dan prasarana, kerjasama, dan pengawasan. [1]
A.          Perlunya Organisasi Bimbingan dan Konseling
Organisasi berasal dari kata organon dalm Bahasa Yunani yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, dan pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip.
Sebagai bahan perbandingan, berikut ini akan disampaikan beberapa pendapat mereka, sebagaimana yang dikemukakan oleh Yayat Hayati Djatmiko (2002) sebagai berikut:
1.    Chester I. Barnard dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan, organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih
2.    James D. Money mengatakan, organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
3.    Menurut Dimock, Organisasi adalah perpaduan secara sistematis bagian-bagian yang saling bergantung/ berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi, dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu:
1.    Orang-orang (sekumpulan orang)

RPP Tematik


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah               : SDN 1 CARACAS
Mata Pelajaran              : IPA, Matematika, B. Indonesia
Kelas/Semester             : 2 / I
Pertemuan Ke-              : 1
Alokasi Waktu              : 1  35 menit

Standar Kompetensi:
IPA                      :  Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Matematika         :  Bilangan
B. Indonesia        :  Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
Kompetensi Dasar
IPA                      : Mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Matematika         :  Mengurutkan bilangan sampai 500
B. Indonesia        : Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
Indikator
IPA                      : Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan disekitar rumah
Matematika         : Menentukan bilangan 1-500
Menentukan bilangan lebih besar
Menentukan bilangan lebih kecil
B. Indonesia        : Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri

I.             Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa:
1.    Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah
2.    Menentukan bilangan 1-500
3.    Menentukan bilangan lebih besar
4.    Menentukan bilangan lebih kecil
5.    Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru
6.    Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
7.    Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri

II.          Materi Pembelajaran
IPA
Bagian-bagian Utama Tubuh Hewan
Perhatikan bermacam-macam hewan disekitar kita, pasti masing-masing hewan memiliki bagian tubuh dan fungsi yang berbeda. Setiap hewan mempunyai bagian tubuh dan fungsi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya bagian tubuh ayam dan bagian tubuh kucing pasti berbeda
Tubuh hewan terdiri dari beberapa bagian, misalnya:
1.             Kucing
Bagain-bagian tubuh kucing, yaitu:







                              ·     Kucing memiliki kuku dan gigi yang tajam
                              ·     Kuku kucing gunanya untuk mencengkeram makanan dan memanjat pohon
                              ·     Kaki gunanya untuk berjalan dan berlari
                              ·     Telinga gunanya untuk mendengar
                              ·     Mata gunanya untuk melihat. Mata kucing sangat tajam, sehingga pada malam yang gelap kucing tetap dapat melihat
                              ·     Gigi gunanya untuk menghancurkan makanan. Kucing termasuk hewan pemakan daging, sehingga mempunyai gigi taring yang tajam
                              ·     Rambut gunanya untuk melindungi tubuh
                              ·     Hidung gunanya untuk bernapas
                              ·     Kucing termasuk binatang peliharaan yang seringkali dimanfaatkan untuk menghilangkan tikus di rumah-rumah

2.             Sapi









                              ·     Sapi adalah hewan pemakan tumbuhan, yaitu rumput
                              ·     Sapi dapat dimanfaatkan tenaganya, misalnya untuk membajak sawah
                              ·     Sapi ada yang didipelihara untuk dimanfaatkan daging dan kulitnya untuk membuat kerajinan
                              ·     Ada juga sapi yang dipelihara khusus untuk dimanfaatkan air susunya, disebut sapi perah

3.             Kambing





                              ·     Kambing memiliki kesamaan dengan sapi, yaitu pemakan tumbuhan, rumput
                              ·     Kambing juga mempunyai tanduk, dagingnya dapat dimakan dan kulitnya juga dapat dimanfaatkan dan kulitnya juga dapat dimanfaatkan untuk kerajinan
                              ·     Beberapa kambing jenis tertentu juga dimanfaatkan susunya untuk diminum
4.             Burung






Bagian-bagian utama tubuh burung yaitu:
                              ·     Sayap digunakan untuk terbang
                              ·     Bulu digunakan untuk melindungi tubuh dari suhu udara yang tidak menentu
                              ·     Kaki digunakan untuk berjalan, hinggap dan ada yang digunakan mencengkeram mangsanya
                              ·     Paruh digunakan paruh digunakan untuk mendapatkan makanan
Bentuk paruh burung berbeda-beda:
                                      -     Burung pemakan biji-bijian paruhnya pendek dan kuat
                                      -     Burung pemangsa paruhnya tajam dan bengkok
                                      -     Burung penghisap sari bunga paruhnya panjang dan runcing
                              ·     Ekor digunakan untuk menjaga keseimbangan saat terbang dan membantu burung saat terbang menukik ke atas dan ke bawah

5.             Ikan







Bagian-bagian utama tubuh ikan yaitu:
                              ·     Mata gunanya untuk melihat
                              ·     Mulut gunanya untuk makan
                              ·     Sirip dan ekor gunanya untuk berenang
                              ·     Insang gunanya untuk bernapas
                              ·     Sisik gunanya untuk melindungi tubuh. Adapula ikan yang tidak memiliki sisik

6.             Ular
Ular memiliki sisik yang licin. Ular berjalan dengan perutnya. Ular termasuk hewan berbahaya karena ada jenis yang memiliki bisa yang mengandung racun







7.             Gajah








                              ·     Tubuhnya besar, telinganya lebar
                              ·     Memiliki gigi panjang yang disebut gading
                              ·     Hidung gajah yang panjang disebut belalai

8.             Serangga











Serangga memiliki:
                              ·     Sepasang mata
                              ·     Sepasang sungut atau antena
                              ·     Kaki serangga berjumlah 6 (3 pasang)
                              ·     Hewan-hewan yang termasuk serangga misalnya: lebah, lalat, nyamuk, kupu-kupu, kecoa, semut, dan lain-lain
                              ·     Hewan jenis serangga ada yang dapat terbang dan ada yang tidak dapat terbang. Yang dapat terbang mempunyai sayap, misalnya: lalat, lebah, kupu-kupu, dan lain-lain. Yang tidak dapat terbang misalnya semut
Selain hewan-hewan tersebut, masih banyak lagi yang lainnya dan tentu saja mempunyai bagian tubuh yang lain pula.
Matematika
Bilangan 1-500

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
93
94
95
96
97
98
99
100










101
102
103
104
105
106
107
108
109
110
111
112
113
114
115
116
117
118
119
120
121
122
123
124
125
126
127
128
129
130
131
132
133
134
135
136
137
138
139
140
141
142
143
144
145
146
147
148
149
150
151
152
153
154
155
156
157
158
159
160
161
162
163
164
165
166
167
168
169
170
171
172
173
174
175
176
177
178
179
180
181
182
183
184
185
186
187
188
189
190
191
192
193
194
195
196
197
198
199
200










201
202
203
204
205
206
207
208
209
210
211
212
213
214
215
216
217
218
219
220
221
222
223
224
225
226
227
228
229
230
231
232
233
234
235
236
237
238
239
240
241
242
243
244
245
246
247
248
249
250
251
252
253
254
255
256
257
258
259
260
261
262
263
264
265
266
267
268
269
270
271
272
273
274
275
276
277
278
279
280
281
282
283
284
285
286
287
288
289
290
291
292
293
294
295
296
297
298
299
300










301
302
303
304
305
306
307
308
309
310
311
312
313
314
315
316
317
318
319
320
321
322
323
324
325
326
327
328
329
330
331
332
333
334
335
336
337
338
339
340
341
342
343
344
345
346
347
348
349
350
351
352
353
354
355
356
357
358
359
360
361
362
363
364
365
366
367
368
369
370
371
372
373
374
375
376
377
378
379
380
381
382
383
384
385
386
387
388
389
390
391
392
393
394
395
396
397
398
399
400










401
402
403
404
405
406
407
408
409
410
411
412
413
414
415
416
417
418
419
420
421
422
423
424
425
426
427
428
429
430
431
432
433
434
435
436
437
438
439
440
441
442
443
444
445
446
447
448
449
450
451
452
453
454
455
456
457
458
459
460
461
462
463
464
465
466
467
468
469
470
471
472
473
474
475
476
477
478
479
480
481
482
483
484
485
486
487
488
489
490
491
492
493
494
495
496
497
498
499
500